Cara Mengatasi Blackberry Z10 Tidak Keluar Suara

Cara Mengatasi Blackberry Z10 Tidak Keluar Suara - Blackberry memang merupakan merk terkenal dan pernah merajai pasar handphone di Indonesia bahkan di dunia sebelum aplikasi blackberry mesenger bisa di instal di android, namun setelah aplikasi bbm bisa di instal di android blackberry mulai kehilangan pamornya dan terkalahkan oleh android yang metupakan generasi os pada smartphone terbaru. Pengguna bb di indonesia tergolong banyak dan mereka sebagian beralih ke android, namun tetap bb merupakan hp yang mempunyai nama besar di indonesia hususnya.

Bagi para pengguna setia blackberry tentu telah mengetahui tentang setiap permasalahan blackberry dan kali ini akutronik akan membahas tentang bagaimana cara mengembalikan suara blackberry z 10 yang tidakeluar. Tulisan ini terinsfirasi dari pengalaman pribadi tentang zten saya yang tiba yiba tidak keluar suaranya padahal tidak di utak atik pengaturannya p, pas di cek profil suara tetap dalam keadaan normal namun suara tidak keluar, tidak terdengar suara musik, nada panggilan, nada pesan bbm dll.

Cerita bermula ketika suatu pagi saya bangun tidur, singkat cerita saya berangkat kerja dan di tempat kerja ada getat dari hp bb saya pas di cek ternyata ada bbm masuk, awalnya saya tidak berpikir bahwa suara tidak keluar, dalam benak saya berfikir pasti pengaturan suara telah dirubah secara tidak sengaja oleh orang rumah atau sengaja di silent oleh orang rumah supaya tidak berisik.
Cara Mengatasi Blackberry Z10 Tidak Keluar Suara
Cara Mengatasi Blackberry Z10 Tidak Keluar Suara
Singkatnya saya pulang kerumah dan ingin memutar lagu untuk di sambung ke speker aktif dan kaget setelah hp bb saya ko tidak ada suara keluar, kemudian dicoba di sambungin ke speker aktif ternyata ada suara keluar, saya lepas lagi karena penasaran dan masih tidak ada suara keluar, kemudian dicoba pake headset dan ternyata ada suara keluar, aneh dan kaget dan dalam benak berfikir ko ini hp kenapa tidak bersuara padahal pwngaturan suara semua normal bahkan bbm dan nada lainnya pun tidak keluar.

Untuk mengetahui kisaran harga BlackBerry baca juga daftar harga hp BlackBerry di postingan selanjutnya.

Dalam benak terlintas wah ini hp speker nya kenapa pasti mesti di ke bengkelin, bukan masalah ongkos perbaikan yang bikin males tapi masalah mindahin aplikasi dan data yang saya pakai untuk keperluan usaha, jika hp di tinggal di tempat service saya kesulitan berkomunikasi, ahirnya saya teringat hp jadul yang pada waktu itu sama kasusnya kaya gini tidak keluat suara dan bisa bersuara setelah di tekan tekan di bagian speker luarnya. Kemudian dicoba di praktekan pada bb zten dengan cara ditekan tekan pada bagian bawah zten atau conector buzzernya atau yang ada tulisan dan lambang blackberry di bagian bawah.
Dari pengalaman teraebut saya ambil kesimpulan untuk menulis pengalaman ini, ya siapa tahu ada yang mempunyai kasus yang sama dan mencari informasi cara dan tips mengatasinya, namun itu hanyalah cara manual yang memang jreknong karena ternyata bukan hanya saya saja yang mengalami masalah suara gak jeluar pada zten, ternyata banyak yang sudah memeliki kasus setupa pada zten nya dan di atasi dengan cara tadi dan manjur jreknong lancar jaya kembali, dan ternyata itu merupakan salahsatu kelemahan pada hadware bb zten dalam speakernya.

Jika anda menemukan masalah serupa yakni suara tidak keluar pada hp bb zten atau hp apa saja maka  lakukanlah beberapa langkah sebagai berikut:

1. Periksa pengaturan notifikasi pada options, pastikan pada posisi normal kemudian lihat apakah pengaturan sound pada posisi off/on dan jika off maka rubah ke posisi on, kemudian coba memutar musick player.

2. Jika masih tidak keluar suara maka coba dengan langkah pengalamab saya yakni cara manual nan jreknong, caranya tekan pada bagian conector buzzernya atau pada bagian tulisan dan logo blackberry bagian bawah, supaya langsung ada reaksi tekan sambil mengjidupkan musik supaya terdengar hasilnya, tidak perlu buka cassing hanya tinggal tekan bagian tersebut dengan agak kuat menggunakan jempol.
Cara Mengatasi Blackberry Z10 Tidak Keluar Suara
Conector buzzer BB Z 10

3. Jika cara diatas masih tidak manjur juga, lakukan dengan cara terakhir, yakni bawa ke bengkel resmi blackberry dan gunakan layanan klaim garansi bb anda jika masih berlaku dan jika tidak berlaku silahkan bawa saja ke bengkel bb resmi terdekat.

Cara di atas terbukti manjur dan cara no.2 yang terlihat sepele namun biasa digunakan oleh para pengguna bb z ten yang mempunyai kasus serupa. Semoga bermanfaat dan bagi yang memiliki kasus serupa tidak ada salahnya jika mencoba cara dari pengalaman saya di atas baik hp bb maupun hp lainnya. 

Subscribe to receive free email updates: